selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Wednesday, July 10, 2013

Ledakan Landa Basis Pertahanan Hizbullah

Ledakan Landa Basis Pertahanan Hizbullah


Ledakan di Lebanon (Foto: Reuters) Ledakan di Lebanon (Foto: Reuters)
BEIRUT - Ledakan besar terjadi di sebuah pusat perbelanjaan di selatan Beirut, Lebanon. Laporan awal menyebutkan, beberapa orang tewas dalam kejadian, sementara puluhan lainnya terluka.

Wilayah Beirut selatan selama dikenal sebagai daerah basis pertahanan kelompok Hizbullah. Menurut Hizbullah, ledakan di daerah Bir el-Abed tersebut disebabkan oleh bom mobil.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (9/7/2013), berdasarkan rekaman video dari televisi milik Hizbullah, Al-Manar, tampak asap hitam membumbung tinggi di udara dan warga berlarian untuk membantu mereka yang menjadi korban ledakan.

Ketegangan meningkat di Lebanon menyusul intervensi yang dilakukan oleh Hizbullah dalam perang di Suriah. Prajurit-prajurit Hizbullah memegang peranan penting ketika pasukan Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad, berhasil menguasai kota Qusair dari tangan pihak oposisi pemerintah.

Kondisi di Suriah masih terus dilanda perang saudara antara pasukan Assad dengan pihak oposisi, sejak 2011 silam. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan catatan jumlah korban yang sudah mencapai lebih dari 80 ribu jiwa.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon mendesak semua pihak yang bertikai di Suriah untuk berhenti berperang di bulan suci Ramadan.
Ban meminta kepada mereka yang memegang senjata di Suriah, untuk berhenti berperang dan berikan kedamaian terhadap rakyat di bulan suci Ramadan.

Tetapi Suriah sepertinya tidak terlalu peduli dengan imbauan Ban. Bahkan Pemerintah Suriah mengesampingkan ajakan untuk menghentikan perang di bulan Ramadan. (faj)