selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Wednesday, June 26, 2013

Kapal Berisi Senjata untuk Oposisi Suriah Tenggelam

Kapal Berisi Senjata untuk Oposisi Suriah Tenggelam


 - Okezone
Foto: AFP Foto: AFP
TEHERAN - Sebuah kapal kontainer berisi muatan senjata yang akan diberikan kepada oposisi Suriah, dikabarkan tenggelam. Kapal tersebut terbelah dua dan tenggelam sekira 530 mil dari Goa, Samudera Hindia.

"Kapal bernama MOL Comfort itu memiliki panjang 300 meter dan membawa muatan berupa senjata. Kapal nahas ini tenggelam setelah diterjang badai, usai lepas jangkar dari Singapura," lapor Times of India, Rabu (26/6/2013).

Sekira 26 orang awak kapal berhasil diselamat dari insiden tersebut. Berdasarkan keterangan dari pihak penjaga pantai Goa, puing-puing dari kapal tidak memberikan ancaman terhadap lalu lintas pelayaran di sekitar Samudera Hindia.

Petugas penjaga pantai Goa saat ini terus berupaya untuk mencegah puing-puing kapal hanyut hingga memasuki zona ekonomi eksklusif. Kemungkinan besar adanya kebocoran bahan bakar dari kapal tersebut.

Oposisi Suriah mulai mendapatkan bantuan senjata yang dijanjikan negara pendukungnya. Peningkatan skala bantuan untuk oposisi terjadi setelah adanya perubahan sikap dari Amerika Serikat (AS).

Presiden Barack Obama yang sebelumnya menolak memberikan bantuan militer kini menyetujuinya. Obama beralasan pasukan pemerintah sudah melanggar batas dengan menggunakan senjata kimia.


Desas-desus pengiriman senjata itu muncul setelah Obama berpidato di Konferensi Tingkat Tinggi G8 yang digelar di Camp David, AS beberapa waktu lalu. Obama mengatakan, Bashar al Assad harus meninggalkan kekuasaannya. (faj)