selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Wednesday, June 26, 2013

Clinton: Hubungan China & AS Rusak karena Snowden

Clinton: Hubungan China & AS Rusak karena Snowden


 - Okezone
Foto : Edward Snowden (AP) Foto : Edward Snowden (AP)
WASHINGTON - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Hillary Clinton mengatakan, China telah merusak hubungan bilateralnya dengan Amerika Serikat (AS) dengan membiarkan Edward Snowden kabur ke Hong Kong. Clinton sangat menyayangkan sikap China yang enggan menangkap pria pembocor operasi penyadapan National Security Agency (NSA) itu.

"Tindakan itu tidak hanya merugikan hubungan AS dan China, namun hal itu turut menjadi preseden buruk yang bisa merumitkan perjanjian internasional, mengenai bagaimana sebuah negara menghormati hukum yang berlaku," ujar Clinton di depan warga AS di Los Angeles, seperti dikutip Associated Press, Selasa (25/6/2013).

Menurut Clinton, pria berusia 29 tahun sudah melakukan tindakan yang memalukan dengan membocorkan dokumen-dokumen intelijen Pemerintah AS. Pernyataan Clinton muncul di saat mantan Ibu Negara AS itu membahas masalah hubungan bilateral AS dan China di sebuah acara yang disponsori oleh Universitas Yahudi Amerika.

Seperti diketahui, Snowden kini sedang memburu suaka politik ke sejumlah negara di dunia ini. Meski demikian, Snowden gagal mendapatkan suaka di Ekuador yang melindungi pendiri WikiLeaks, Julian Assange.

Ekuador khawatir, pemberian suaka ke Snowden bisa membuat AS menjadi murka. Ekuador berpendapat, Snowden harus melindungi dirinya sendiri.

Saat ini, Snowden pun bersembunyi di RUsia. Namun Rusia membantah tuduhan yang mengenai adanya konspirasi untuk melindungi Snowden dari buruan Negeri Paman Sam.

Sebelumnya, Snowden sendiri mengaku bahwa Negeri Beruang Merah hanya menjadi lokasi transit. Pria itu akan meninggalkan Rusia setelah dirinya mendapat suaka politik di negara lain. (AUL)