selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Thursday, May 16, 2013

Waspadai hari Nakba Israel siapkan pasukan

YERUSALEM - Militer dan polisi Israel mulai meningkatkan kewaspadaan akan kemungkinan munculnya demonstrasi dari warga Palestina di Peringatan Hari Nakba yang jatuh pada hari ini. Seperti diketahui, Israel juga memperingati hari raya Yahudi, Shavuot hari ini.

Negeri Yahudi itu mengerahkan aparat keamanannya di sekitar wilayah Tepi Barat. Mereka khawatir, para pemuda Palestina muncul dan melempari mereka dengan batu.

Beberapa desa-desa Palestina juga dijaga ketat oleh militer. Banyak patroli pasukan Israel yang bisa disaksikan di desa-desa tersebut. Sementara itu di Kota Yerusalem, kepolisian Israel akan mengadakan patroli bersama polisi Palestina untuk menjaga keamanan. Demikian, seperti diberitakan Times of Israel, Rabu (15/5/2013).

Dalam Peringatan Hari Nakba, stasiun televisi Palestina menyiarkan pidato dari Presiden Mahmoud Abbas. Dalam pidato itu, Abbas menegaskan, "warga Palestina tidak akan sepakat dengan adanya rencana-rencana yang merugikan hak mereka untuk negara berdasarkan garis batas 1967."

Pada peringatan Nakba dua tahun yang lalu, Israel cukup terkejut karena demonstrasi yang dilakukan warga Palestina berlangsung dengan sangat rusuh. Banyak warga Palestina berunjuk rasa di perbatasan Suriah dan Lebanon. Sekira 15 orang pun dilaporkan tewas dalam bentrokan itu.

Nakba, yang berasal dari kata "an-nakbah" berarti "bencana." Hari Nakba menjadi peringatan konflik Israel dengan Palestina beserta negara Arab lainnya pada 1947 hingga 1949.

Dalam periode tersebut terjadi Perang Sipil Palestina dan Perang Arab-Israel Pertama. Kemenangan Israel dalam perang itu  memaksa 700 ribu warga Arab Palestina melakukan eksodus dari wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Israel. (AUL)