selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Saturday, May 18, 2013

Sebagai selles di blog

Pengenalan Affiliate

A. Konsep Affiliate Program
Affiliate Program adalah salah satu cara mendapatkan uang melalui internet. Sebenarnya konsep affiliate program adalah sebuah konsep bisnis lama, yaitu mendapatkan komisi karena menjualkan barang orang lain. Beda dengan konsep yang lama, kita sebagai affiliate tidak perlu membawa barang-barang dagangan karena affiliate hanya bertugas membujuk calon pembeli(prospects) agar tertarik dan membeli sebuah produk sedangkan pemilik produk(merchant) sendirilah yang akan mengurus penjualan hingga pengiriman produk ke tangan konsumen.
B. Cara Kerja Affiliate Program
Cara Kerja Affiliate Program adalah sebagai berikut :
1. Daftar jadi member
Untuk jadi affiliate, kebanyakan merchant memberi syarat bagi kita untuk jadi member dulu, (meskipun tidak semua merchant) dengan memberikan identitas diri kita melalui form pendaftaran di Web Site Merchant. Berikan Identitas asli anda karena identitas tersebut digunakan merchant untuk memastikan komisi sampai ke tangan affiliate.
2. Link Affiliate
Setelah terdaftar jadi anggota, affiliate akan mendapatkan link affiliate, yang biasa berformat www.Namasitus merchant.com/?ref=namauseraffiliate. Contohnya bila anda jadi affiliate dari simple-bisnis.com(sekarang belum ada sihJ) maka anda akan mendapat link affiliate www.simple-bisnis.com/?ref=namaanda. Link tersebut digunakan merchant untuk mengidentifikasikan pembelian oleh prospects yang berasal dari anda.
3. Promosi
Promosi yang anda lakukan tidak seperti bisnis lama yaitu door to door. Yang anda perlukan adalah sebuah web site. Buat web site mengenai produk dan hal-hal seputar produk tersebut yang mampu membuat prospects tertarik. Lalu letakkan link affiliate anda di web site tersebut agar pada saat prospects tertarik akan produknya, mereka langsung mengklik link affiliate anda.
  1. Berniat membeli
Saat prospects mengklik link affiliate tersebut, mereka akan dibawa ke web site merchant, dimana penjelasan tentang produk tersebut dan cara pemesanan tersedia dengan lengkap.
  1. Ke Web Site Merchant
Disaat yang sama, link affiliate anda yang berisi code/username anda akan memberi informasi ke database merchant bahwa anda membawa seorang prospects.
  1. Penjualan Produk / Jasa
Penerimaan pesanan dan pengiriman produk ke tangan pembeli adalah tugas merchant. Saat prospects mencapai web site merchant, maka tugas affiliate terhadap prospects tersebut sudah selesai.
  1. Komisi
Komisi diberikan jika transaksi sudah dilakukan. Biasanya merchant mengakumulasi komisi sampai ke jumlah tertentu, baru kemudian komisi dikirim ke rekening affiliate.
Nah, simple dan menarik bukan?! Menjadikan kegemaran ber-internet menjadi sumber penghasilan, ternyata bukan hal yang mustahil khan?!