selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Wednesday, May 22, 2013

Okezone-Lebih dari 20 Ribu Warga Sipil Suriah Terjebak Peperangan

Lebih dari 20 Ribu Warga Sipil Suriah Terjebak Peperangan

Rabu, 22 Mei 2013 14:36 wib
Fajar Nugraha - Okezone
Anak-anak Suriah (Foto: BBC) Anak-anak Suriah (Foto: BBC)
JENEWA - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurus anak-anak (UNICEF) memperingatkan sekira 20 ribu warga sipil terjebak dalam peperangan di Suriah. Sebagian besar dari yang terjebak itu adalah perempuan dan anak-anak.

Sebagian besar dari warga yang terjebak adalah mereka berada di Kota Qusair. Kota yang berbatasan dengan Lebanon ini, dikabarkan sudah direbut kembali oleh pasukan loyalis pemerintah dari tangan pasukan oposisi.

"Situasi saat ini sangat mengkhawatirkan. UNICEF yakin antara 12 ribu hingga 20 ribu warga sipil terjebak di kota memiliki populasi hingga 30 ribu jiwa itu," ujar juru bicara UNICEF Marixie Mercado, seperti dikutip AFP, Rabu (22/5/2013).

Pertempuran di Kota Qusair sendiri masih terus berlanjut hingga saat ini. Memasuki hari ketiga, pasukan oposisi kembali menyerang pasukan pemerintah demi merebut kembali kota yang strategis itu.

"Apa yang paling dibutuhkan saat ini? Tentunya perlindungan. Kebutuhan dilindungi dari pengeboman, pertempuran adalah hal yang utama saat ini (di Suria)," lanjut Mercado.

UNICEF tidak memiliki staf di Qusair, tetapi melalui organisasi lokal mereka menyalurkan bantuan kepada sekira 500 keluarga yang berhasil melarikan diri dari kota tersebut. Sebagian besar warga Qusair saat ini tengah berlindung di desa terdekat di Kota Haisiaa. (faj)
www.okezone.com