selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Wednesday, May 22, 2013

Okezone -Jumlah Serangan Drone AS Menurun Drastis

Jumlah Serangan Drone AS Menurun Drastis

Rabu, 22 Mei 2013 15:27 wib
Wahyu Dwi Anggoro - Okezone
Ruang Kendali Serangan Drone (Foto: Reuters) Ruang Kendali Serangan Drone (Foto: Reuters)
WASHINGTON – Jumlah serangan pesawat tanpa awak Amerika Serikat (AS) menurun drastis. Serangan pesawat tanpa awak selama ini menjadi andalan Presiden Barack Obama dalam memerangi teroris.

Tahun 2010, pemerintah AS melakukan 117 serangan pesawat tanpa awak di Pakistan. Jumlah itu turun menjadi 46 serangan di tahun 2012.

Serangan pesawat tanpa awak sudah tidak terjadi di Yaman sejak Maret lalu. Sedangkan di Somalia serangan terakhir dilakukan setahun yang lalu.

Penurunan jumlah serangan tanpa awak tidak lepas dari memburuknya hubungan antara AS dengan Pakistan. Paksitan menduh serangan pesawat tanpa awak ikut membunuh warganya yang tidak bersalah.

“AS mulai mempertimbangkan dampak dari serangan pesawat tanpa awak pada hubungan yang dimilikinya dengan Pakistan,” ujar mantan analis CIA Bruce Riedel, seperti dikutip New York Times, Rabu (22/5/2013).

Pakistan memang memiliki peran penting bagi kebijakan luar negeri AS. Pakistan selama ini menjadi basis untuk operasi militer AS di Afghanistan. Pakistan juga dianggap memiliki teknologi senjata nuklir yang berkembang pesat sehingga harus terus didekati.
  www.okezone.com