selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Saturday, May 25, 2013

Korut: Tak Ada Jaminan, Semenanjung Korea Bisa Damai

Korut: Tak Ada Jaminan, Semenanjung Korea Bisa Damai

Jum'at, 24 Mei 2013 17:01 wib
Aulia Akbar - Okezone
Foto : Angkatan Udara Korut (KCNA) Foto : Angkatan Udara Korut (KCNA)
BEIJING - Utusan Korea Utara (Korut) yang dikirim ke China, Choe Ryong Hae menegaskan, tidak ada yang bisa menjamin perdamaian di Semenanjung Korea. Namun Korut akan tetap mencari solusi untuk masalah itu.

Tepat pada hari ini, salah satu stasiun televisi China melaporkan bahwa Korut menghormati tuntutan Jepang yang selama ini menginginkan kelanjutan dialog denuklirisasi Korea. Namun Choe mengingatkan kembali bahwa tidak ada jaminan, Semenanjung Korea bisa tenang dan damai.

Pernyataan itu diutarakan Choe saat bertemu dengan Jenderal Fan Changlong di Beijing. Pada dasarnya, misi Choe ke Beijing ditujukan untuk melanjutkan kontak antara dua pemerintahannya selama setengah tahun. Demikian, seperti diberitakan Xinhua, Jumat (24/5/2013).

Dalam kunjungannya ke China, Choe juga memuji Negeri Panda atas kinerjanya meredakan ketegangan di Semenanjung Korea. Choe pun dilaporkan sepakat mendengar saran dari mitra terbesarnya itu.

Sejauh ini, para pengamat berpendapat bahwa kunjungan Choe ke China penuh akan kesepakatan. Kesepakatan itu tak luput dari isu nuklir Korut yang dinilai kontroversial.

China memang merupakan rekan Korut, namun belakangann ini hubunga kedua negara itu menegang karena isu nuklir. China yang tidak menyetujui program nuklir Korut, ikut menjatuhkan sanksi tepat setelah Korut melakukan uji coba miniatur bom nuklirnya.

Presiden Xi Jinping juga sempat mengutarakan kesiapannya untuk menjadi mediator damai Korut dan Korea Selatan (Korsel) yang masih berseteru. Namun hingga kini, keputusan mengenai dialog itu masih belum jelas. Korut sebelumnya pun memberikan prasyarat khusus untuk berdialog. (AUL)
www.okezone.com
Mr.bacaseru