selamat datang

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT MEMBACA

Thursday, May 16, 2013

Alasan tangkap RUSIA bongkar CIA

WASHINGTON - Sebagian pengamat menduga penangkapan agen CIA Ryan Fogle sengaja dibesar-besarkan oleh Pemerintah Rusia. Insiden itu dianggap sebagai bentuk sinyal untuk Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Foto penangkapan Fogle beredar luas di media massa. Aparat Rusia juga membongkar alat mata-mata dan surat intruksi yang dibawa Fogle.

“Rusia ingin mengirimkan sinyal tertentu melalui insiden ini,” ujar mantan analis CIA Paul Pillar, seperti dikutip National Journal, Rabu (15/5/2013).

“Menurut saya, Rusia tidak senang dengan tekanan yang diberikan AS dalam isu Suriah. Mereka ingin mengatakan bahwa Rusia tidak bisa diatur AS,” lanjut Pillar.

Pillar tidak menutup kemungkinan adanya alasan lain yang mendasari tindakan Pemerintah Rusia. Ada dugaan pihak Rusia ingin mempermalukan CIA.

Tahun 2010 lalu, CIA membongkar kedok mata-mata Rusia di AS. Tindakan CIA itu dianggap Rusia mempermalukan intelijen mereka.

“Peristiwa (tahun 2010) itu dianggap Rusia sebagai sebuah penghinaan. Insiden ini kemungkinan merupakan bentuk balasan dari Rusia,” terang ahli politik Rusia Dmitri Simes.
(ade)